Rabu, 02 Agustus 2017

Ladies, Yuk Kenali Tahapan Menopause Sejak Dini

Ladies, sesudah melalui masa menstruasi serta kehamilan, jadi wanita nantinya kamu juga akan akan masuk masa menopause. Sayangnya beberapa wanita yang alami komplikasi serta penyakit pada saat menopause ini. Smart Detox



dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG, Wakil Ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI JAYA) menerangkan, menopause adalah satu bagian fisiologis (normal) dari tiap-tiap wanita. Masa transisi yang berlangsung, dengan normal diawali mulai sejak rentang umur 35–55 th..

Pada periode ini, ovarium (indung telur) mulai menyusut dalam menghasilkan hormon estrogen serta progesteron, yang umum bertindak pada siklus haid. Pada saat ini, fertilitas (kesuburan) seseorang wanita mulai menyusut, meskipun masih tetap begitu sangat mungkin untuk terjadinya satu kehamilan.

Menopause berlangsung dalam tiga bagian yakni Perimenopause, Menopause serta Post Menopause. Pada step Perimenopause, level estrogen serta progesteron mulai alami penurunan. Umumnya diawali pada umur 40an, sekitar pada 3–5 th. sebelumnya step menopause. Di step ini seseorang wanita mulai alami haid yg tidak teratur serta gejala-gejala seperti : semprotan panas di muka serta dada, masalah tidur s/d insomnia, berkeringat pada malam hari, perubahan mood, peka, depresi, kuatir, vagina yang mulai kering atau rasa tidak nyaman waktu terkait, serta ada masalah buang air kecil.

Step setelah itu yaitu menopause, seseorang wanita bisa disebutkan masuk step menopause jika telah 12 bulan berturut-turut tidak alami haid tidak ada penyebab seperti penyakit spesifik, penyembuhan spesifik, kehamilan atau masa menyusui. Rata-rata wanita masuk step menopause di umur 50-52 th.. Transisi dari step perimenopause ke step menopause umumnya berjalan pada 1-3 th..

Bagian paling akhir yaitu Post Menopause, step ini diawali sesudah 1 th. penuh mulai sejak masa haid paling akhir. Yang dirasakan-keluhan mulai sejak step perimenopause umumnya masih tetap selalu dirasa, walaupun mungkin saja tidak semuanya wanita rasakan beberapa gejala itu.

“Jika seseorang wanita alami masa berhentinya haid sebelumnya masuk umur menopause yang sebenarnya, jadi kondisi itu dapat disebutkan menopause awal. Terkecuali karena sebab penuaan awal dengan alami, menopause awal sering dikarenakan oleh satu kondisi yang dimaksud Premature Ovarian Failure (POF) yakni satu kondisi di mana ovarium (indung telur) dalam kondisi tidak aktif sekali lagi karna satu hal seperti operasi, therapy kanker, radiasi, kemoterapi atau karna aspek genetik. POF ini berlangsung karena disfungsi ovarium atau minimnya jumlah folikel yang masak dari indung telur, " katanya saat didapati di Jakarta.

Operasi Histerektomi (pengangkatan rahim karena tumor) atau Oovorektomi (pengangkatan indung telur) dapat juga mengakibatkan terjadinya menopause awal. Therapy paling utama untuk menopause yaitu dengan memakai hormon pengganti, namun banyak kriteria yang perlu ditaati oleh pasien untuk pemakaian hormon pengganti ini.

Kriteria tersebut di antaranya yakni kontrol kisah ada tumor atau kanker yang terlebih dulu yang sempat dipunyai, kontrol laboratorium untuk tandanya tumor, mesti lakukan papsmear serta mamografi terlebih dulu. Terkecuali therapy paling utama, pastinya ada therapy penunjang berbentuk obat-obat untuk pemelihara kesehatan.

" Pola hidup sehat termasuk juga berolahraga serta nutrisi yang baik yang di mengkonsumsi mulai sejak awal sangat menolong memperingan yang dirasakan yang berlangsung waktu masuk masa menopause, ” tutupnya.

Mudah-mudahan info Smart Detox Synergy ini berguna serta menaikkan pengetahuanmu masalah kesehatan wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar